Sabtu, 17 Januari 2009

strategi komputerisasi

Dalam dunia Internet yang telah berkembang sedemikian pesatnya, jumlah para hacker, cracker, dan sebagainya juga semakin meningkat. Kita tidak bisa terus-menerus terlena akan keadaan dan kondisi dimana kita dalam keadaan aman. Apakah kita akan menunggu hingga jaringan kita dirusak oleh mereka? Tentu tidak! Setelah sebuah jaringan komputer kita berfungsi dan terhubung ke jaringan Internet, saat itulah kita harus mulai bersiaga dan memikirkan strategi beserta cara-cara untuk meningkatkan sekuriti jaringan komputer yang kita miliki. Dengan tingkat sekuriti jaringan komputer yang tinggi, user pun akan merasa aman saat bekerja di jaringan komputer yang kita miliki. Suatu nilai tambah tersendiri bukan?
Strategi dalam sekuriti jaringan komputer bertujuan untuk memaksimalkan sumber daya yang ada untuk mengamankan sistem jaringan komputer pada titik-titik yang tepat sehingga lebih efisien. Bila tanpa strategi yang tepat, hasil implementasi strategi tersebut tidak akan menghasilkan tingkat sekuriti yang tinggi disamping terbuangnya sumber daya yang ada akibat tidak tepatnya penempatan dalam jaringan komputer. Dengan strategi tepat, sumber daya yang minimum dapat memberikan hasil yang cukup memuaskan.
Dalam tulisan ini, kita akan mencoba melihat strategi-strategi dasar dalam merancang sekuriti jaringan komputer. Strategi dasar ini bisa dijadikan basis untuk penerapan hingga pengembangan sekuriti sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar